selamat datang di blog kaisersblog.com semoga kalian senang dengan blog saya.

Tuesday, March 31, 2020

ACMobil Tidak Dingin? Ketahui Beberap Penyebabnya!

Memiliki mobil dengan AC yang dingin tentu merupakan hal yang menyenangkan. AC yang dingin akan membuat ruang di dalam mobil terasa nyaman dan sejuk. Perjalanan panjang Anda pun tentu akan terasa lebih menyenangkan. Namun, bagaimana jadinya jika ternyata ada masalah AC mobil tidak dingin yang terjadi?

Tentu, Anda pasti akan terganggu dan merasa kurang nyaman. AC yang tidak bekerja secara optimal akan membuat hawa di dalam kabin mobil tidak memadai dan bisa dipastikan kenyamanan perjalanan Anda pun akan terganggu.

AC Mobil Tidak Dingin Ketahui Beberapa Penyebabnya

Nah, untuk mengantisipasi masalah AC mobil yang tidak dingin tersebut, Anda perlu mengetahui penyebab dari masalah ini. Dengan mengetahui beberapa penyebab dari masalah ini, tentu Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini.

Beberapa Penyebab Masalah AC Mobil Tidak Dingin
Berbincang tentang masalah AC mobil tidak dingin, ada beberapa penyebab umum dari masalah ini yang harus diketahui dengan baik. Adapun beberapa penyebab dari masalah AC mobil yang tidak terasa dingin adalah sebagai berikut :

1)  Evaporator kotor
Evaporator adalah komponen yang cukup penting pada AC mobil karena merupakan area sirkulasi udara. Oleh karenanya, bisa dikatakan bahwa kinerja AC mobil Anda cukup dipengaruhi dengan kondisi dari evaporator tersebut. Nah, AC yang tidak dingin kemungkinan disebabkan oleh evaporator yang kotor.

Debu memang menjadi musuh utama dari komponen ini. Saat evaporator berdebu, maka sirkulasi tidak akan maksimal sehingga kinerja AC mobil akan menurun. Oleh karenanya, cek kondisi evaporator dan pastikan jika komponen ini terjaga kebersihannya.

2) Kondensor kotor
Selain evaporator yang kotor, penyebab AC mobil bekerja dengan tidak optimal adalah kondensor yang kotor. Kondensor adalah komponen dari AC mobil yang berada di dekat radiator. Nah, kondensor ini berguna untuk menjaga suhu AC agar tetap stabil sehingga AC bisa bekerja dengan optimal.

Namun, seringkali, kondensor tidak bekerja dengan optimal karena banyaknya debu yang menempel. Akibat kondensor yang kotor, suhu AC akan meningkat dan tentu saja AC tidak bisa bekerja dengan optimal sebagaimana sebelumnya.

3) Masalah pada fan belt
Hal lain yang menjadi sebab dari masalah AC mobil tidak dingin adalah kondisi fan belt yang rusak. Fan belt adalah komponen yang menyalurkan putaran mesin menuju ke kompresor. Jika fan belt tidak bekerja secara optimal, tentu saja putaran ke kompresor menjadi berkurang. Akibatnya, AC mobil tidak bekerja secara optimal dan suhu AC tidak akan dingin.

Beberapa poin di atas adalah sebab-sebab yang menjadi biang dari masalah AC yang tidak dingin. Nah, lakukan pencegahan dengan melakukan cek pada komponen AC yang rawan rusak. Jika AC mobil Anda bermasalah, segera lakukan service AC mobil ke bengkel yang terpercaya sebelum masalah semakin parah.

Deskripsi: service AC mobil adalah solusi yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi AC mobil tetap baik. Lakukan service dengan segera jika tanda kerusakan AC mulai tampak.
Share: